10 Daftar Kuliah Jurusan untuk Anak IPA Terpopuler di Tahun 2023

10 Daftar Kuliah Jurusan untuk Anak IPA Terpopuler di Tahun 2023

Jurusan untuk Anak IPA – Yoook, kelas 12, kamu dimana? Sudahkah Anda memikirkan jurusan apa yang ingin Anda ambil selanjutnya? Mumpung masih ada waktu, yuk mulai pikirkan tujuan kamu selanjutnya dari sekarang! Bagaimana melakukan? Bisakah Anda melihat kembali nilai Anda di sekolah, mata pelajaran mana yang memiliki nilai superior? Kemudian pikirkan lagi, apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut? Senang belajar apa? Saat Anda menjawab pertanyaan ini, kami akan memberi Anda opsi teratas untuk siswa sains yang dapat Anda pertimbangkan. Ilmu apa yang menarik minat Anda? Apakah Anda mengambil jurusan kedokteran, teknik, atau bidang sains lainnya, berikut adalah pilihan terbaik untuk siswa sains pilihan Anda.

Rekomendasi Jurusan Kulaih untuk Anak IPA

1. Jurusan Geografi

Kalau Geografi dipelajari di jurusan IPS semasa SMA, bidang ilmu ini malah masuk ke jurusan IPA lho guys. Secara garis besar, mahasiswa Departemen Geografi akan dibekali dengan pengetahuan untuk menganalisis isu-isu yang berkaitan dengan ekologi dan kajian kewilayahan. Mata kuliah yang akan diperoleh antara lain: Sistem Informasi Geografis, Evaluasi dan Konservasi Sumber Daya Alam, Oseanografi, Geografi Pariwisata hingga Analisis Risiko Bencana Alam.

2. Jurusan Astronomi

Salah satu universitas yang membuka Jurusan Astronomi adalah Institut Teknologi Bandung. Apa yang akan Anda pelajari di program studi ini? Kurikulum Departemen Astronomi ITB memiliki tiga subbidang studi: Galaksi dan Kosmologi, Fisika Bintang dan Tata Surya. Mata kuliah di departemen sains juga mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti geometri, algoritma pemrograman, kalkulus, termodinamika, fisika kuantum, dan mekanika.

3. Jurusan Matematika

Materi yang akan dipelajari di jurusan Matematika adalah campuran antara matematika murni dan aplikasi. Beberapa di antaranya juga mata kuliah yang mengasah logika seperti Algoritma dan Pemrograman. Ketika Anda kuliah, dari mana Anda akan mengetahuinya, lagipula rumus yang Anda dapatkan di sekolah berasal. Pelajari teori, serta bukti teorema dalam matematika.

Baca juga: 5 Daftar Jurusan Kuliah IPS Menjamin Masa Depan Tahun 2023

Departemen Matematika juga memiliki beberapa peminatan yang bisa Anda pilih, mulai dari matematika murni, riset operasi, komputasi, pemodelan, keuangan dan aktuaria, aljabar, statistika, dan lain sebagainya. Nah, peminatan ini bisa berbeda-beda tergantung kampusnya.

4. Departemen Bioteknologi

Pernahkah Anda mendengar tentang Departemen Bioteknologi? Salah satu perguruan tinggi yang membuka program studi ini adalah Universitas Negeri Malang. Selain dibekali dengan mata kuliah wajib, seperti Mikrobiologi, Genetika, Kimia Pangan Fungsional, Imunologi, dan Bioinformatika, mahasiswa juga diberikan ruang untuk memilih mata kuliah peminatan.

Departemen Bioteknologi UM menyediakan tiga bidang peminatan, yaitu Bioteknologi Industri, Bioteknologi Lingkungan, dan Bioteknologi Kesehatan. Setiap bidang peminatan akan didukung dengan pemahaman materi yang lebih mendalam.

5. Departemen Kedokteran Hewan

Buat yang punya anabul (anak berbulu) di rumah dan mau serius memikirkan kebahagiaan dan kesejahteraannya, jurusan IPA ini cocok banget guys. Mengambil contoh dari IPS University, mahasiswa dari Departemen Kedokteran Hewan akan dibekali dengan kemampuan teori dan praktek di bidang ini.

Beberapa materi perkuliahan antara lain Profesi Dokter Hewan dan Kesejahteraan Hewan, Anatomi Veteriner, Farmakologi, Bedah Umum Veteriner, dan Manajemen Kesehatan Hewan Akuatik. Seperti halnya Departemen Kedokteran Umum, mahasiswa di departemen ini juga dibekali dengan pendidikan profesi setelah menyelesaikan tahapan akademik selama 8 semester.

6. Departemen Kedokteran

Mata kuliah untuk mahasiswa sains ini sudah tidak asing lagi dengan sains bukan? Sistem pembelajaran untuk Departemen Kedokteran akan berbeda dari satu universitas ke universitas lainnya. Misalnya, Departemen Kedokteran UGM mempersiapkan mahasiswa untuk menempuh pendidikan akademik selama 3,5 tahun. Setelah itu, kursus dilanjutkan dengan fase profesional selama 2 tahun. Materi pembelajaran disusun secara bertahap, mulai dari pemahaman dasar fisiologi dan homeostatis, hubungan antara sehat dan sakit, hingga keterampilan klinis.

7. Departemen Farmasi

Dalam beberapa tahun terakhir, dunia farmasi dan kesehatan terus menjadi industri yang sangat penting. Tak heran jika lulusan semakin dibutuhkan. Eits, apotek di sini nggak sebatas obat-obatan, tapi juga industri kosmetik. Tentu Anda sudah mengetahui perkembangan industri kosmetik di dunia, termasuk Indonesia? Yap, lulusan Farmasi  akan bertugas meracik, menganalisis, dan mengidentifikasi obat-obatan dan kosmetik yang memenuhi standar kelayakan kesehatan.

8. Departemen Kedokteran Gigi

“Daripada sakit, lebih baik sakit gigi..” Terkadang memang benar guys. Walaupun sama-sama sakit 🙁 Inilah peran dokter gigi dalam kehidupan, agar saat galau pun kita tetap bisa makan enak, karena kesehatan gigi dan mulut kita tetap terjaga.

Jurusan Kedokteran Gigi juga sama, beserta tahapan studinya. Dimulai dengan tahap akademik kemudian dilanjutkan dengan pendidikan profesi. Contoh mata kuliah di Departemen Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran antara lain Biologi Oral, Pedodontik, Konservasi Gigi, Farmakologi, dan Pediatri.

9. Jurusan Ilmu Gizi

Sesuai dengan nama jurusannya, tentunya kalian akan belajar banyak tentang gizi. Anda akan memeriksa hubungan antara makanan dan minuman serta kesehatan tubuh dan penyakit. Terutama yang berhubungan langsung dengan nutrisi atau kebutuhan dasar kita.

10. Jurusan Keperawatan

Dokter tidak bisa bekerja sendiri kan? Nah, lulusan dari Jurusan Keperawatan juga dibutuhkan di masa depan untuk membantu para dokter dalam menjalankan tugasnya. Sebagai seorang perawat, Anda akan belajar bagaimana merawat pasien yang pekerjaannya sama pentingnya dengan dokter.